$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Usai Selamatkan Buaya Berkalung Ban, Tili Ditawari Jadi Pegawai Honorer di Pemkot Palu

INDONESIAKININEWS.COM -  Penyelamat buaya yang terlilit ban, Tili (35), mendapat tawaran menjadi tenaga honorer untuk penyelamatan satwa. Na...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Penyelamat buaya yang terlilit ban, Tili (35), mendapat tawaran menjadi tenaga honorer untuk penyelamatan satwa.

Namun, tawaran dari Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah tersebut masih Tili pertimbangkan.

”Ini sifatnya tawaran. Keputusannya kembali ke Tili, apakah mau terima atau tidak. Tawaran ini bentuk apresiasi kami terhadap upaya penyelamatan buaya berkalung ban yang dia lakukan,” terang Wali Kota Palu Hadianto Rasyid di Palu, Jumat (11/2/2022), seperti dikutip dari Kompas.id.

Tawaran tersebut sudah disampaikan Hadianto langsung kepada Tili dalam pertemuan pada Kamis (10/2/2022).

Hadianto mengatakan, langkah untuk mengangkat Tili menjadi tenaga honorer tak bertentangan dengan aturan yang ada. Pengangkatan pun tetap akan mengikuti prosedur yang berlaku.

Jika tawaran tersebut diterima, Tili akan ditempatkan sebagai tenaga khusus untuk penyelamatan satwa di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu.

Dinas itu selama ini juga turut menyelamatkan satwa, baik yang dipelihara maupun satwa liar di Kota Palu. Keahlian Tili dinilai bisa memperkuat kinerja dinas.

Adapun, dalam hal ini Tili menyatakan, masih perlu mempertimbangan tawaran tersebut.

Ia memiliki usaha peternakan atau penangkaran burung. Ia khawatir usahanya itu bisa terbengkalai dengan tugasnya sebagai pegawai honorer.

Ia mengakui Wali Kota Palu menugasinya untuk penyelamatan satwa, baik yang dipelihara warga maupun yang masih liar di habitatnya, yang memang membutuhkan penyelamatan.

”Pak Wali Kota juga menugasi saya, jika nantinya saya ambil pekerjaan itu, untuk mengontrol buaya-buaya di Sungai Palu,” ujarnya.

Kronologi

Diketahui , Tili yang lahir Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, berhasil menjerat seekor buaya muara (Crocodylus porosus) yang selama enam tahun terakhir terlilit ban motor di leher.

Penangkapan dilakukan dengan berbagai jenis jerat dari nilon tanpa melukai buaya. Ia menjerat buaya tersebut dengan umpan berupa ayam dan bebek.

Setelah buaya bisa ditangkap, bersama warga yang berkerumun saat kejadian, Tili memotong ban yang melingkari leher buaya. Buaya lalu dilepaskan ke sungai.

Adapun penangkapan buaya tersebut terjadi pada Senin (7/2/2022) malam di pinggir Sungai Palu, dekat Jembatan II, Kelurahan Tatura Selatan, Kecamatan Palu Selatan.

Upaya menyelamatkan buaya berkalung ban itu dimulai Tili sejak pertengahan Januari 2022.

Ia yang baru lima bulan tinggal di Kabupaten Sigi, Sulteng, mendapatkan informasi perihal buaya yang terlilit ban tersebut.

Berbekal keterampilan menjerat hewan yang ia miliki, Tili bertekad menyelamatkan buaya itu dengan dibantu temannya, Laoding (72) dan Nurdin (62).

Sebelum Tili, ada dua ahli satwa liar dari Australia dan Amerika Serikat pada awal 2020 pernah mencoba menyelamatkan buaya itu, tetapi tak berhasil.

Sebelum kedua ahli itu pula, selebritas satwa Indonesia, Panji, juga datang untuk menyelamatkan sang buaya.

Sayangnya, Panji pun tak berhasil menangkap buaya yang memiliki panjang 5,2 meter dan lebar 93 sentimeter itu.

S:Kompas TV


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Usai Selamatkan Buaya Berkalung Ban, Tili Ditawari Jadi Pegawai Honorer di Pemkot Palu
Usai Selamatkan Buaya Berkalung Ban, Tili Ditawari Jadi Pegawai Honorer di Pemkot Palu
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhvnPfs6oK9tAsmIhmHiMVinZUydjmPi0YAzQGEs7mJGhe0XHXK_dP8xqAZ2y1ULy_RXMueKZwYhRT2rhsB4Tzupmch3XeHfizzzmh9lhe7g9oQMSoBCPHy2F8kSzFdYRjbYOKwU2_ysnMKGw2GMjpLjyOjpysTf7kwwfUSIPYrrq9CxEVxOrMrYPM4Tw=w640-h356
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhvnPfs6oK9tAsmIhmHiMVinZUydjmPi0YAzQGEs7mJGhe0XHXK_dP8xqAZ2y1ULy_RXMueKZwYhRT2rhsB4Tzupmch3XeHfizzzmh9lhe7g9oQMSoBCPHy2F8kSzFdYRjbYOKwU2_ysnMKGw2GMjpLjyOjpysTf7kwwfUSIPYrrq9CxEVxOrMrYPM4Tw=s72-w640-c-h356
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/02/usai-selamatkan-buaya-berkalung-ban.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/02/usai-selamatkan-buaya-berkalung-ban.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy