$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Profil Tjhai Chui Mie, Wanita Tionghoa Pertama Jadi Wali Kota di Indonesia

INDONESIAKININEWS.COM -  Sosok Tjhai Chui Mie kekinian menjabat sebagai Wali Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar). Profil Tjhai Chui M...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Sosok Tjhai Chui Mie kekinian menjabat sebagai Wali Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar). Profil Tjhai Chui Mie disorot.

Apalagi, Tjhai Chui Mie dinobatkan sebagai wanita Tionghoa pertama jadi wali kota di Indonesia.

Tjhai Chui Mie lahir Singkawang, 27 Februari 1972. Pada Desember 2017, dia bersama Irwan dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang periode 2017-2022.

Menjadi pemimpin, Tjhai Chui Mie dituntut harus mengukir prestasi. Tjhai Chui Mie sendiri terjun ke dunia politik untuk menghilangkan imej kalau minoritas bisa juga memimpin.

"Saya ingin membuktikan bahwa minoritas Tionghoa juga bisa memimpin tanpa harus melihat suku dan agama. Jadi itu yang saya lakukan, itu motivasi saya untuk masuk politik," ujarnya kepada SuaraKalbar.id, belum lama ini.

Sejak SMP, anak ketiga dari keempat bersaudara ini sudah aktif membantu ayahnya yang saat itu sebagai Ketua RT.

"Kita memang tinggal kawasan yang lebih banyak penduduk Tionghoa. Dalam mengurus dokumen kependudukan seperti akta kelahiran pada zaman dahulu sangat susah dan mahal dari yang lain. Ini menjadi tantangan untuk saya," jelasnya.

Setelah tamat SMA, ia suka kegiatan-kegiatan sosial. Kemudian pada 2004, ia sudah ikut dalam organisasi Hakka lalu, terjun ke politik dan bergabung ke Partai Indonesia Baru (PIB).

"Di partai ini, saya ikut berjuang. Saat itu sistem urut. Pas ada PAW (Pergantian Antar Waktu) saya masuk menjadi anggota DPRD, kurang lebih tujuh bulan," ceritanya.

Ia mengatakan, motivasinya terjun ke dunia politik adalah ingin menyampaikan bahwa setiap orang pasti punya kelebihan. Lalu setiap orang pasti bisa melakukan jika diberikan kesempatan.

"Jika dulu orang Tionghoa dikatakan tidak banyak berjuang untuk negara, hanya bisnis mencari uang. Padahal pada hakikatnya walaupun pebisnis tetap memiliki kontribusi untuk negara misalnya dengan membayar pajak. Meskipun tidak berjuang secara langsung," katanya.

Dengan inilah, kata dia, sebagai bukti bahwa minoritas juga bisa menjadi pemimpin.

"Ini motivasi besar saya ikut di dunia politik," jelasnya.

Menjadi Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mendapat banyak tantangan, walaupun sebelumnya dia sempat menjadi Ketua DPRD Kota Singkawang.


Ia bercerita, waktu itu satu tahun sebelum saat pencalonan sebagai Wali Kota Singkawang, ada isu yang dihembuskan bahwa Tjhai Chui Mie adalah PKI.

Sampai ada dibuatkan satu LSM yang baru untuk melaporkan dia ke DPRD dan demo ke kantor polisi.

"Intinya, aksi itu untuk mengagalkan saya mendapat partai untuk maju sebagai wali kota. Saya pikir justru semakin ditantang kita ingin membuktikan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini adalah kita semua sama tidak memandang suku, sesuai UUD 1945," ucapnya.

Data yang dihimpun SuaraKalbar,id, Tjhai Chui Mie pernah menjadi relawan di Yayasan Tzu Chi pada 2010. Kemudian menjadi Ketua Tim Sukses Pilgub Kalbar 2012 pasangan Cornelis-Christiandy, menjadi Dewan Kehormatan Yayasan Setia Negara, Serpong pada 2014.

Pernah juga sebagai Biro Penggerak Relawan Tim Sukses Pilpres 2014 Pasangan Jokowi-JK. Menjabat Ketua DPRD Kota Singkawang pada 2009-2014. Periode selanjutnya sebagai anggota DPRD Kota Singkawang.

Sembari itu, ia menjabat sebagai Ketua Majelis Tao Indonesia (MTI) dan Ketua Perkumpulan Hakka Singkawang.

Prestasi yang diukir ibu tujuh anak ini salah satunya adalah menciptakan Singkawang menjadi kota paling toleran untuk kedua kalinya. Meski begitu, ia mengaku masih banyak yang harus dituntaskannya di akhir masa jabatan.

"Saya ingin membangun Kota Singkawang tanpa jalan rusak, lalu tidak terjadi banjir. Kita juga punya impian memiliki bandara. Karena kota maju itu harus didukung infrastruktur baik. Bangun daerah itu sama dengan tubuh manusia. Kalau peredaran darah baik, maka akan segar. Sama dengan kota maju, harus didukung infrastruktur," tutupnya.

Itulah profil Tjhai Chui Mie, wali kota Singkawang.

S:suara


Name

Baerita,3,Berita,23965,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1002,Kesehatan,29,Nasional,23001,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Profil Tjhai Chui Mie, Wanita Tionghoa Pertama Jadi Wali Kota di Indonesia
Profil Tjhai Chui Mie, Wanita Tionghoa Pertama Jadi Wali Kota di Indonesia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0T_0ncDNBm2RK70ZyYT4YD2jyF1r2jlXfO3z-IYGxhTM1at8llDqnL1I9_8Fv64ysv-_Tta0kTs7T1rrEYARvvF3fJ9_4p_LcWRCIhpeuAUbvHi40DrNcD9vqGY7PDZELGm-e3n_O2UE/w640-h356/IMG_20210303_192433.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0T_0ncDNBm2RK70ZyYT4YD2jyF1r2jlXfO3z-IYGxhTM1at8llDqnL1I9_8Fv64ysv-_Tta0kTs7T1rrEYARvvF3fJ9_4p_LcWRCIhpeuAUbvHi40DrNcD9vqGY7PDZELGm-e3n_O2UE/s72-w640-c-h356/IMG_20210303_192433.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/03/profil-tjhai-chui-mie-wanita-tionghoa.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/03/profil-tjhai-chui-mie-wanita-tionghoa.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy