$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Bikin Bangga, Anak Bangsa Ciptakan Inovasi Alat Bantu Nafas Pasien Covid-19

INDONESIAKININEWS.COM -  Pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai membuat pemerintah harus memutar otak dalam menangani wabah ini. Belum lag...

Ventilator dari Swiss German University

INDONESIAKININEWS.COM - Pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai membuat pemerintah harus memutar otak dalam menangani wabah ini. Belum lagi fasilitas serta alat kesehatan yang tersedia, tentunya masih memiliki keterbatasan dalam menangani pandemi tersebut.

Namun di tengah kondisi seperti saat ini, berbagai inovasi baru banyak bermunculan, salah satunya PreVent 2.0. Ini merupakan alat bantu pernapasan karya anak bangsa yang mampu untuk mempelajari kondisi pernapasan pada pasien penderita COVID-19.

Alat ini dapat membantu tenaga medis dalam melakukan pengaturan kerja ventilator dengan baik dan benar, terlebih angka pasien semakin tinggi terlebih setelah masa Lebaran selesai dan dimulainya era new normal.

Ketua Program Studi Mekatronik Swiss German University Leonard Rusli selaku kepala proyek pembuatan ventilator ini mengatakan alat ini mampu mendeteksi kondisi pasien yang memburuk dan akan memberikan peringatan dini agar mampu melakukan penanganan yang tepat dan cepat.

"Ventilator jenis resuscitator ini dibutuhkan untuk memberikan bantuan awal pada pasien COVID-19 yang mengalami sesak napas maupun gagal pernapasan sampai ventilator yang sesuai dengan gejala pasien tersedia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (17/6/2020).

Ada dua mode pengaturan yang dapat digunakan. Pertama ada mode mandatory respiration, digunakan untuk pasien yang berada dalam kondisi gagal pernapasan. Kedua mode assist respiration, digunakan untuk pasien yang mengalami kondisi masih bisa bernapas namun pernapasannya mulai melemah.

"Jurusan mekatronik SGU memang selalu berusaha menciptakan sebuah inovasi untuk solusi dari suatu permasalahan, hal itulah yang ingin kami berikan untuk membantu negara dalam menangani wabah COVID-19 ini dengan membuat ventilator yang kami beri nama PreVent 2.0. Saat nanti Indonesia membutuhkan, kami berharap alat ini bisa membantu," ungkap Leo.

Ventilator cerdas buatan anak bangsa ini akan segera dilakukan uji coba oleh lembaga yang berwenang sehingga bisa dipastikan kesesuaiannya dengan standar medis. Diharapkan dalam waktu dekat ventilator yang berhasil diciptakan oleh SGU dapat digunakan oleh teman-teman garda depan yang bertugas di rumah sakit.

Diketahui, dalam pembuatan PreVent 2.0 ada beberapa orang perwakilan dari SGU yang juga ikut andil selain Leo, antara lain Theresia Dyah Arum, S.T dalam hal pemograman dan kontrol, Yohanes Freddy, M.D sebagai perancangan mekanik, dan Nova Kristian, S.T yang melakukan perancangan elektronik.

"Selain menciptakan ventilator, SGU juga sedang mengembangkan beberapa inovasi lainnya, antara lain terdapat thermometer digital yang terkoneksi langsung dengan telepon pintar dan bisa dilekatkan pada telepon tersebut, hingga inovasi herbal yang berfungsi untuk menghancurkan virus COVID-19 di dalam tubuh pasien," jelasnya.

Sebagai informasi, SGU memiliki program bantuan penanganan terkait COVID-19 yang juga mencakup berbagai kegiatan sosial, antara lain memberikan APD (Alat Pelindung Diri), hand sanitizer, paket sembako, menyediakan guru tamu di kelas online yang diadakan oleh sekolah-sekolah menengah atas secara gratis, dan juga berbagai seminar online gratis. Pelayanan masyarakat tersebut informasinya dapat diakses di website Swiss German University, www.sgu.ac.id.

S. Detik 


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Bikin Bangga, Anak Bangsa Ciptakan Inovasi Alat Bantu Nafas Pasien Covid-19
Bikin Bangga, Anak Bangsa Ciptakan Inovasi Alat Bantu Nafas Pasien Covid-19
https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2020/06/17/ventilator-dari-swiss-german-university.jpeg?w=700&q=90
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/06/bikin-bangga-anak-bangsa-ciptakan.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/06/bikin-bangga-anak-bangsa-ciptakan.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy