$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Gara Gara 9 Jam Tunggu Surat Rujukan, Pasien BPJS Penderita Stroke Ini Meninggal Ditempat

 Pasien meninggal dunia, Foto Hanya Ilustrasi INDONESIAKININEWS.COM -  Seorang peserta BPJS, asal Pontang, Kabupaten Serang, Banten, m...

 Pasien meninggal dunia, Foto Hanya Ilustrasi


INDONESIAKININEWS.COM - Seorang peserta BPJS, asal Pontang, Kabupaten Serang, Banten, mengalami nasib memprihatinkan. 

Pria bernama Kuncung Sudrajat meninggal dunia karena lambatnya prosedur administrasi.

Imron Nawawi, keponakan Kuncung, mengatakan, peristiwa itu berawal ketika sang paman dibawa ke Puskemas Pontang, akibat hipertensi pada 17 Desember 2019. 

Prosedur penggunaan BPJS, mengharuskan peserta terlebih dahulu meminta surat rujukan dari Puskesmas sebelum dibawa ke rumah sakit terdekat.

" Di Puskesmas mendapatkan penanganan, tapi seadanya dan alakadarnya. Hanya infusan dan selang oksigen, karena tidak ada dokternya," kata Imron.

Dengan kondisi tersebut, keluarga khawatir karena tensi darah melampaui batas normal yaitu 220 mmHg. Imron sempat mendesak puskesmas untuk mengeluarkan surat rujukan ke rumah sakit.

" Ada inisiatif untuk meminta konfirmasi terkait perujukan, pertama saya meminta rujuk ke RS dan pihak Puskesmas langsung mengkoordinasikan ke pihak RS Dradjat Prawiranegara Serang dan RSUD Banten," ujar dia.

Mengaku Tak Ada Ruangan Kosong

Dari hasil koordinasi pihak RS Dradjat Prawiranegara mengatakan tak ada ruangan kosong. Jawaban serupa juga disampaikan RSUD Banten.

" Kami bersama keluarga berinisiatif kembali, mencoba mendesak dan mengkomunikasikan dengan dokter sekitar. Akhirnya terhubung dengan dokter dari Puskesmas Tirtayasa, dan dipaksa untuk dibawa ke RSDP," ucap dia.

Imron mengatakan, sang paman akhirnya dibawa ke RS Dradjat Prawiranegara. Sesampai di lokasi, dia menyebut, sang paman tak mendapat penanganan dan ruangan khusus.

" Kenapa semua rumah sakit menolak pasien BPJS dengan dalih tidak ada ruangan. Karena proseduralnya memang kalau BPJS harus rujuk dulu dari faskes atau dari puskesmas terdekat," kata dia.

Dia pun menyesalkan adanya pungutan untuk biaya ambulans dari penjaga piket baik dari Puskesmas Pontang maupun pihak RS Dradjat Prawiranegara.

" Ada yang lebih kesal lagi, si penjaga piketnya minta bayaran untuk ambulans, padahal pakai BPJS," ucao dia.

Jawaban Pihak Puskesmas

Berdasarkan penuturannya, dikarenakan banyaknya alasan dari pihak Puskesmas dan rumah sakit, mulai dari pukul 15.00 WIB pihaknya meminta untuk dirujuk, tetapi tidak disegerakan. Akhirnya, pukul 00.12 WIB pasien dinyatakan meninggal.

Kepala Puskesmas Pontang, Sruwi Budiana mengatakan, pihaknya telah mengupayakan agar pasien tersebut dirujuk. Namun ruang ICU rumah sakit RS Dradjat Prawiranegara memang sedang penuh.

" Kalau mau rujuk kita telepon dulu, kebetulan waktu itu penuh. ICU-nya penuh. Disarankan mencari rumah sakit lain, yang ada ICU," ujar Sruwi.

Sruwi mengungkapkan, pasien tersebut mengalami stroke sudah dalam kondisi tidak sadar saat berada di Puskesmas.

" Kebetulan pasien stroke, sudah koma. Dari pagi enggak sadar dibawa ke Puskesmas baru jam tiga," kata dia.

Saat dikonfirmasi terkait mobil ambulans yang berbayar saat digunakan merujuk pasien tersebut, Sruwi enggan berkomentar. 

Dia menegaskan hanya salah komunikasi dan uang sudah dikembalikan kepada pihak keluarga.

S: dream.co.id


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Gara Gara 9 Jam Tunggu Surat Rujukan, Pasien BPJS Penderita Stroke Ini Meninggal Ditempat
Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Gara Gara 9 Jam Tunggu Surat Rujukan, Pasien BPJS Penderita Stroke Ini Meninggal Ditempat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxywCEee7bKh01MSL77Dp0RO8o9-ZkrK_j5v_oDrJZ-PAPNgBfXA8gpmUPvfY08attFX-3NB36PXTckkySVgJMRO1yG6zSw7AzWZmESbpPXTCwKsOCmT-m8mYd3b687iEFPIorJbUjFbc/s640/_var_www_html_new_kbrid2018_layouts_uploads_thumb_Korban+Meninggal+Dunia_810x450.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxywCEee7bKh01MSL77Dp0RO8o9-ZkrK_j5v_oDrJZ-PAPNgBfXA8gpmUPvfY08attFX-3NB36PXTckkySVgJMRO1yG6zSw7AzWZmESbpPXTCwKsOCmT-m8mYd3b687iEFPIorJbUjFbc/s72-c/_var_www_html_new_kbrid2018_layouts_uploads_thumb_Korban+Meninggal+Dunia_810x450.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/12/innalillahi-wa-innailaihi-rojiun-gara.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/12/innalillahi-wa-innailaihi-rojiun-gara.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy