$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute Ungkap Resiko Terburuk Yang Akan Menimpa Nasdem Jika Capreskan Anies Pada Tahun 2024

anies dan suryo paloh INDONESIAKININEWS.COM -  Pertemuan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh dan Gubernur Anies Ba...

anies dan suryo paloh

INDONESIAKININEWS.COM - Pertemuan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh dan Gubernur Anies Baswedan menjadi wacana permulaan langkah politik keduanya di Pemilu 2024.

Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute Rifqi Rachman menilai ada sisi untung dan rugi jika Surya Paloh matang mendukung Anies maju sebagai calon presiden di kontestasi politik itu.

Rifqi menjelaskan pertemuan Surya Paloh dengan Anies bisa menjadi investasi jangka panjang.

Lantaran, Nasdem lebih menampakan diri dalam mempersiapkan Pemilu 2024 ketimbang partai-partai lain yang masih sibuk dengan pembentukan kabinet.

"Nasdem memulai langkah sangat dini untuk menyongsong 2024 dengan menjalin relasi bersama Anies. Pernyataan Ketum Nasdem yang mengatakan Anies baru mengeluarkan setengah potensinya memperjelas arah perbincangan di pertemuan tersebut," kata Rifqi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/7/2019).

Meski begitu, menurutnya, ada pertimbangan yang harus dipikirkan Nasdem dengan matang, apabila serius mendukung Anies maju sebagai capres di Pilpres 2019.

Pertimbangan pertama yang harus dipikirkan Nasdem ialah soal pemilih Anies.

Pemilih Anies saat Pilkada DKI Jakarta 2017, disebut Rifqi, berasal dari kalangan konservatif. Dengan begitu, Nasdem nantinya akan mengubah konsep dari partai nasionalis menjadi partai yang dicampur dengan unsur keagamaan pada 2024.

"Namun, berada satu gerbong dengan kalangan konservatif akan membuat Nasdem turut memainkan instrumen politik identitas," ujarnya.

"Sangat disayangkan apabila pragmatisme seperti ini yang akhirnya menahkodai partai urutan kelima (8,78 persen) di Pemilu 2019," sambungnya.

Kemudian, Nasdem juga harus bersiap dengan sikap kekecewaan dari kadernya.

Kader yang selama ini mengikuti prosedur dengan mengikuti rangkaian kaderisasi akan merasa dilangkahi apabila partai malah mengajukan kandidat lain.

"Secara simultan, mengajukan kandidat non-kader juga akan membuktikan lemahnya sistem kaderisasi partai Nasdem sendiri," tandasnya.

Untuk diketahui, Surya Paloh menegaskan partainya berniat mendukung Anies Baswedan jika mencalonkan diri sebagai presiden di Pilpres 2024 mendatang.

Menurut Surya Paloh, pencalonan Anies sebagai presiden di Pilpres 2024 harus ditanggapi dengan baik juga.

Hal itu dikatakan Surya Paloh saat dikonfirmasi mengenai dukungan kepada Gubernur DKI Jakarta itu untuk maju menjadi Capres pada Pilpres 2024.

Meski begitu, Paloh menyerahkan keputusan tersebut kepada Anies.

"Tahun 2024 kan tergantung Anies. Niatnya sudah pasti ada di situ (mendukung sebagai capres), semua niat baik harus terjaga asal baik," kata Surya Paloh usai pertemuan, Kamis (24/7/2019).

Dukungannya tersebut, nantinya akan dinilai tergantung kondisi ke depannya sampai menjelang pencalonan.

Namun jika prosesnya lancar, Surya Paloh menyebut akan mendukung Anies.

sumber: suara.com


Name

Baerita,3,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1001,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute Ungkap Resiko Terburuk Yang Akan Menimpa Nasdem Jika Capreskan Anies Pada Tahun 2024
Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute Ungkap Resiko Terburuk Yang Akan Menimpa Nasdem Jika Capreskan Anies Pada Tahun 2024
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGzHvQmQetWCgZfNeUkZdOSJO8Cv6Ukx9ejm3SGW-8tIBhwwwVB0fSxs7D4tLtvvlFKYOH_2JmWhMwUFfCZTsHSHo6rxzdw-HK7uCKhhIv2ugUIj4WGiAXVzkDIYDpSDj29ZHlARzytko/s640/sp+anis.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGzHvQmQetWCgZfNeUkZdOSJO8Cv6Ukx9ejm3SGW-8tIBhwwwVB0fSxs7D4tLtvvlFKYOH_2JmWhMwUFfCZTsHSHo6rxzdw-HK7uCKhhIv2ugUIj4WGiAXVzkDIYDpSDj29ZHlARzytko/s72-c/sp+anis.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/07/peneliti-bidang-politik-indonesian.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/07/peneliti-bidang-politik-indonesian.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy